Berita

Pemerintah Minta Warga Terus Terapkan 3M untuk Mencegah Corona B117: Gaya Hidup Okezone

Mutasi varian Covid-19 dari Inggris atau dikenal B117 yang saat ini sudah masuk ke Indonesia. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa virus jenis ini lebih mematikan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, virus jenis baru ini merupakan peringatan tersendiri. Dan masyarakat diminta untuk berhati-hati.

“Kami mewaspadai pola penularan virus Covid-19 dan itu artinya kami harus lebih berhati-hati dan disiplin dalam menerapkan 3M,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal belum lama ini.

Nadia pun menghimbau agar penerapan protokol kesehatan, penerapan 3M yaitu memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak harus ditaati.

Dengan B117, pemerintah juga akan mengambil langkah khusus untuk mencegah penularan dan penyebaran virus varian baru ini.

“Kita harus lebih perkuat testing (pemeriksaan) dan tracing (tracing orang-orang yang kontak dekat). Tujuannya untuk menemukan kasus Covid-19 (akibat B117) sedini mungkin dan melakukan isolasi,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tidak khawatir dengan masuknya mutasi B117.

“Saya mengimbau Anda tidak perlu khawatir karena ditemukan dua kasus positif Covid-19 dengan mutasi virus corona dari Inggris atau B117,” ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis, 5 Maret 2021.

Ia mengatakan, Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang, Jawa Barat yang semula ditemukan positif B117 kini negatif. Dan dia juga diminta untuk menjaga protokol kesehatan.

“Mari kita tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan yang ketat sejalan dengan semakin cepatnya pelaksanaan vaksinasi,” pungkasnya.

(DRM)

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button