Kilas Info Nasional

Pemerintah Pusat Perjanjang PPKM, Pemprov Jateng Siapkan Anggaran…

loading…

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan anggaran untuk mengantisipasi dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ). Terlebih, pembatasan kegiatan masyarakat itu bakal diperpanjang hingga 8 Februari.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menegaskan masih terus melakukan penjajakan. Di antaranya berkomunikasi dengan pemerintah pusat terkait payung hukum terkait persiapan anggaran itu.

Baca juga: Update Merapi, Dini Hari Tadi Guguran Lava Pijar Hanya Tercatat Sekali Sejauh 400 Meter

“Kami komunikasi terus dengan pusat agar mendapatkan payung hukum, apakah kita perlu refocusing dan seterusnya. Tapi sambil menunggu aturan itu, saya sudah menyiapkan dan ketika aturan turun langsung bisa dieksekusi,” kata Ganjar, Kamis (21/1/2021).

Beberapa mata anggaran yang bisa dilakukan penyesuaian, telah diperintahkan Ganjar untuk rasionalisasi. Bahkan dia sudah meminta minimal anggaran Rp1 triliun diamankan untuk mengantisipasi adanya dampak-dampak PPKM itu.

“Saya minta minimal Rp1 triliun disiapkan, minimal itu. Jadi nanti bisa berkembang lagi, sambil kami memantau dampak-dampaknya. Mudah-mudahan masyarakat bisa bertahan, tapi kalau tidak, negara harus hadir membantu,” pungkasnya.

Baca juga: Bupati Sleman Positif COVID-19 Meski Sudah Divaksin, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan

Sekadar diketahui, pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM Jawa-Bali selama dua pekan, yakni mulai 25 Januari hingga 8 Februari. Hal ini disebabkan pemberlakuan PPKM tahap pertama belum menunjukkan hasil positif karena jumlah kasus COVID-19 terus meningkat.

(msd)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button