Kilas Info Daerah

Persatuan Anak Sunda (GAS) Dirikan Sekolah Sungai Cimanuk di Jembatan Copong

GARUT | Radarciangsana.com – Persatuan Anak Sunda (GAS) dan relawan lainnya mendirikan Sekolah Sungai Cimanuk di Jembatan Copong, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

“Sekolah Sungai digagas oleh Persatuan Anak Sunda (GAS) yang bertujuan untuk merubah budaya agar masyarakat menghormati sungai, menghargai air dan kita hidup karena air,” kata Sekjen DPP GAS, Mulyono Khadafi, Minggu ( 4/4/2021).

Menurut Kang Moel, sapaan akrab Moelyono Khadafi, latar belakang sekolah ini didirikan, seiring dengan seringnya tumpukan eceng gondok dan sampah yang terbawa di Sungai Cimanuk, sehingga menambah kesan kumuh di bantaran sungai dan jembatan.

Baca juga: Adi Wijaya Kepala Desa Kadu Manggu: Ormas BPPKB Banten Wajib Peduli Masyarakat

“Sekolah sungai Cimanuk ini merupakan inovasi yang diharapkan mampu menginspirasi seluruh pemangku kepentingan lainnya yang peduli terhadap pendidikan lingkungan. Dan ini satu-satunya sekolah sungai di Garut,” ujarnya.

Adapun kegiatan Sekolah Sungai Cimanuk, lanjut Kang Moel, antara lain membersihkan sungai-sungai di sekitar kawasan, terutama tumpukan sampah, seperti plastik, kayu gelondongan, dan lain-lain. Sungai-sungai yang kotor akibat membuang sampah sembarangan dan sampah harus menjadi perhatian dan kesadaran masyarakat, khususnya kaum muda.

Pada akhirnya, kata dia, keberadaan sungai dan sekolah sungai dapat dijadikan sebagai media edukasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup melalui pola hidup bersih.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button