Berita

Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Rumah Melalui KPR: Okezone Economy

JAKARTA – Tren berinvestasi properti tidak pernah berakhir. Apalagi selalu ada kenaikan harga properti setiap tahunnya, menjadikan investasi ini menjadi ladang cuan.

Namun karena harga yang semakin mahal, banyak orang juga tidak mampu untuk membeli rumah, atau butuh waktu lama untuk menabung hingga uang yang terkumpul cukup untuk membangun atau membeli rumah. Akibatnya, banyak yang mengandalkan metode KPR.

Baca juga: Rp. 4 Juta Pegawai Negeri Sipil Bisa Mengajukan KPR, Bunga 5%

Tujuan menggunakan hipotek adalah untuk memastikan seseorang dapat membeli rumah tanpa harus menundanya, karena dalam banyak kasus, harga rumah akan meningkat jauh lebih cepat daripada uang yang ditabung. Jika terus tertunda, bukan tidak mungkin rumah yang Anda incar akan benar-benar milik orang lain.

Itu sebabnya KPR bisa menjadi solusi untuk membeli rumah atau properti. Berikut tips praktis untuk mempertimbangkan KPR sebagai metode membeli properti, seperti dilansir dalam buku 15 Tips Mencapai Kebebasan Finansial karya Edwin Santoso, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: Kabar baik! 1,6 Juta Satpam Bisa Mengajukan KPR

1. Memberikan Leverage for Money

Masyarakat hanya akan membayar DP untuk bisa membeli rumah yang nilainya berkali-kali lipat DP. Dia tidak dapat menggunakan fasilitas leverage ini jika dia menggunakan pembayaran tunai.

2. KPR melalui Uang Muka (DP) memastikan kepemilikan langsung

Maksud dari kepemilikan langsung ini adalah dengan membeli properti dengan KPR, masyarakat dapat memastikan memiliki properti tersebut sebelum dibeli oleh orang lain tanpa penundaan. Sebaliknya, jika ia berencana membeli properti dengan cara pembayaran tunai, bisa jadi dalam proses penghimpunan dana, properti tersebut sudah dibeli oleh orang lain.

3. KPR memastikan bahwa sisa hutang dilindungi oleh asuransi jiwa

Asuransi ini berguna untuk memastikan bahwa jika seseorang meninggal dunia, keluarganya tidak perlu menanggung sisa cicilan hutang. Ini tidak ditemukan dalam metode pembayaran cicilan internal pengembang atau metode pembayaran tunai bertahap.

4. Memberikan jaminan legalitas

Karena dengan mengambil KPR dari bank resmi, selain memperoleh harta benda yang diinginkan, ia juga mendapat sertifikat yang menjamin legalitas tempat tinggal tersebut.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button