Kilas Info Daerah

Rafael Situmorang Minta BPKAD Melacak Aset Yang Didelegasikan dari Pemerintah Pusat

KOTA BANDUNG | Radarciangsana.com – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Rafael Situmorang meminta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) melacak aset hasil transfer dari Pemerintah Pusat.

Selain itu, ia juga meminta BPKAD menampung barang bukti dan dokumen fisik agar aset tersebut tidak menjadi masalah dan dapat memiliki kekuatan hukum yang kuat.

“Ke depan BPKAD harus menertibkan aset yang dialihkan dari pusat, artinya dilimpahkan ke daerah tapi data dan dokumennya tidak tersedia. Karena ini yang sering menjadi kendala,” kata Rafael, Rabu (7/4/2021). .

Lebih lanjut Rafael mengimbau, BPKAD dapat mengejar target aset untuk pengalihan aset dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi agar memiliki kekuatan hukum tetap.

Baca juga: Komisi III DPRD Provinsi Jabar Apresiasi P3D Kota Cimahi Capai Target Kuartal I

Dengan mengupayakan langkah-langkah progresif dan koordinasi yang terstruktur dengan pemangku kepentingan terkait, sehingga inventarisasi aset dapat memiliki kepemilikan permanen.

“Yang sangat disayangkan, tidak ada tindak lanjut yang cepat untuk mengurus aset tersebut dalam dokumen inventaris,” ujarnya.

“Sehingga setelah dilimpahkan hanya menyisakan bangunan secara fisik tetapi tidak dilengkapi dengan berkas transfer dan dokumen pendukung,” imbuhnya.

Reporter: Wis

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button