Kilas Info Daerah

Ridwan Kamil Nilai Desa Tangguh Jaya untuk Menurunkan Tingkat Penularan COVID-19 di Bodebek

JAKARTA | Radarciangsana.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai program Desa Tangguh Jaya (KTJ) di kawasan Bodebek (Bogor-Depok-Bekas) dapat menurunkan laju penularan COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Kang Emil selaku sambutan Ridwan Kamil usai menghadiri Rapat Evaluasi Penegakan Pembatasan Kegiatan Komunitas Mikro (PPKM) di kawasan Bodebek di Makodam Jayakarta, Kamis (4/3/2021).

“Salah satu konsep Kapolda Metro Jaya dan Kasdam Jaya tentang Desa Tangguh Jaya dimana pengujian bisa dilakukan tidak harus ke puskesmas atau rumah sakit, tapi bisa dilakukan di RW setempat oleh orang-orang terlatih, khususnya TNI / Polri,” kata Kang Emil.

Baca juga: Baksos PPLIPI Jabar di Subang, Lina Ruzhan Serahkan 100 Paket Sembako

Melalui kebijakan ini, penelusuran dan pengujian dapat menurunkan laju penularan COVID-19, tambahnya.

Kang Emil melaporkan, saat PPKM Mikro, TNI / Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa melakukan penelusuran masif di kawasan Bodebek.

“Ada beberapa kasus yang tadinya 11-15 kasus di beberapa RW, sekarang nol. Saya rasa best practice ini akan kita teruskan bersama dengan PPKM Mikro, ”ujarnya.

Kang Emil optimistis program KTJ dapat mempercepat penerapan 3T (testing, tracing, dan treatment) sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

“Ini akan menjadi benteng pertama di 3T. Jadi di setiap RW ada posko uji coba. Kita juga diuntungkan dengan adanya teknologi antigen (rapid test), ”ujarnya.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button