Kilas Info Daerah

Rumah Zakat Salurkan Bantuan PMT

Dalam upaya mewujudkan keseimbangan gizi warga saat terjadi pandemi

RADARCIANGSANA.COM, BOGOR – Dalam upaya mewujudkan keseimbangan gizi bagi warga saat terjadi pandemi, Rumah Zakat memberikan makanan tambahan bagi ibu hamil, balita dan anak sekolah di Pamoyanan, khususnya yang berada di bawah pelayanan Posyandu Melati RW 12 Pamoyanan, Kota Bogor, Jawa Barat .

Elan Jaelani, Fasilitator Desa BSI Pamoyanan mengatakan, program pemberian makanan tambahan (PMT) berupa pemberian kandungan gizi yang tinggi dan alami serta berprotein tinggi diperlukan, selain memberikan nutrisi terbaik untuk anak, juga mengedukasi ibu dalam membuat PMT.

“Makanan Pendamping Makanan Pendamping (PMT) yang bergizi tinggi, sehat dan alami sangat dibutuhkan terutama bagi anak-anak, selain itu juga dapat mendidik ibu-ibu dalam memberikan PMT,” ujar Elan Jaelani, Jumat (20/05).

Elan menambahkan, nutrisi tersebut dapat kita penuhi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

“Misalnya brokoli, kembang kol, dan jambu biji merupakan sumber vitamin C. Vitamin B6 bisa didapat dari daging, sayur mayur, pisang, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Daging, ikan, dan telur adalah sumber vitamin B12 yang baik serta kaya vitamin A dan zat besi. Selain itu, penting juga untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas per hari, ”ujarnya.

Dia mengatakan bahwa selama pandemi, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, garam dan gula. Seperti keripik, gorengan, mie instan atau minuman yang mengandung gula berlebih.

“Kami sangat mendukung program BSI dan Rumah Zakat memberi PMT langsung ke masyarakat, terutama anak-anak, karena saat ini Posyandu belum boleh dibuka oleh pemerintah, ”kata Enah, kader Posyandu Melati RW 12 Pamoyanan.

“Terima kasih Rumah Zakat yang telah memberikan makanan tambahan untuk anak-anak kami di Pamoyanan, mereka juga menyukainya,” kata Herawati, salah satu orang tua penerima bantuan.

Pemberian makanan tambahan kali ini berupa nasi, telur puyuh, sayur mayur, nasi suwir, bihun dan buah-buahan.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button