Kroscek Fakta

[SALAH] “75 Tahun Indonesia Merdeka Baru Di Zaman Jokowi Lah Sumatera Mempunyai Jalan Tol”

BUKAN baru ada setelah 75 tahun Indonesia merdeka atau di zaman pemerintahan Presiden Joko Widodo. Jalan tol pertama di Pulau Sumatera adalah Jalan Tol Belmera yang dibangun pada tahun 1986. Jalan tol yang menghubungkan Belawan-Medan-Tanjung Morawa ini menjadi jalan tol pertama yang juga mulai beroperasi pada 1986 di pulau Sumatera.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Widya Fitriany (fb.com/widya.fitriany.12) pada 8 Juni 2020 mengunggah sebuah gambar dengan narasi yang menyebutkan bahwa jalan tol baru ada di Pulau Sumatera setelah 75 tahun Indonesia merdeka atau di zaman Pemerintahan Joko Widodo.

Berikut kutipan klaim di postingan yang sampai saat ini masih sering dibagikan oleh warganet tersebut:

“75 TAHUN INDONESIA MERDEKA BARU DI ZAMAN JOKOWI LAH SUMATERA MERASAKAN PEMERATAAN PEMBANGUNAN YANG SESUNGGUHNYA…!! BAGAIMANA TIDAK 75 TAHUN INDONESIA MERDEKA BARU DI ZAMAN JOKOWI LAH SUMATERA MEMPUNYAI JALAN TOL..!!”

Selengkapnya di https://archive.vn/qqUnM (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Kompas, klaim bahwa jalan tol baru ada di Pulau Sumatera setelah 75 tahun Indonesia merdeka atau di zaman Pemerintahan Joko Widodo adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan baru ada setelah 75 tahun Indonesia merdeka atau di zaman pemerintahan Presiden Joko Widodo. Jalan tol pertama di Pulau Sumatera adalah Jalan Tol Belmera yang dibangun pada tahun 1986. Jalan tol yang menghubungkan Belawan-Medan-Tanjung Morawa ini menjadi jalan tol pertama yang juga mulai beroperasi pada 1986 di pulau Sumatera.

Dilansir dari Kompas, terkait klaim bahwa Pulau Sumatera baru memiliki jalan tol, tidak sesuai dengan data yang ditampilkan laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga Jasa Marga.

Pada laman BPJT PUPR, disebutkan bahwa sejak 1986, telah dibangun sebuah jalan tol di Pulau Sumatera. Jalan tol itu menghubungkan Belawan-Medan-Tanjung Morawa sehingga kerap disebut dengan Jalan Tol Belrawa. Memiliki panjang 34 kilometer, jalan tol ini menjadi jalan tol pertama yang dibangun di pulau itu.

“Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa sepanjang 34 km menjadi jalan tol pertama di Sumatera yang sudah dibangung sejak tahun 1986,” tulis keterangan di laman BPJT PUPR.

Sementara pada informasi yang termuat di laman Jasa Marga, Jalan Tol Belwara bukan hanya dibangun pada 1986, tetapi juga sudah mulai beroperasi di tahun yang sama. Jalan tol ini dibangun oleh kontraktor Takenaka Nippo Hutama dan konsultan Jepang PCI, ini juga menjadi satu-satunya jalan tol yang dikelola Jasa Marga di luar Pulau Jawa.

REFERENSI
https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/03/120500865/klarifikasi-jalan-tol-pertama-di-sumatera-75-tahun-setelah-indonesia
https://bpjt.pu.go.id/berita/jalan-tol-belawan-medan-tanjung-morawa-jalan-tol-pertama-di-pulau-sumatera
https://jasamarga.com/public/id/infolayanan/toll/ruas.aspx

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button