Kroscek Fakta

[SALAH] “Bayi katak” – TurnBackHoax

BUKAN bayi Katak. FAKTANYA adalah kelainan yang disebut “Anensefali”, kondisi berbahaya yang menimpa bayi sehingga lahir tanpa beberapa bagian otak dan tulang tengkorak karena kelainan pembentukan tabung saraf janin.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Facebook, http://bit.ly/3tbDQhd.

(PDF cadangan, situs arsip per artikel ini disusun tidak bisa membuat arsip cadangan).

======

NARASI

“Bayi katak !!!!!!!.”.

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

* SUMBER membagikan video bayi yang mengalami kondisi “Anensefali” dengan narasi yang mengaitkan dengan hal lain, menimbulkan kesimpulan yang keliru.


(2) Salah satu sumber video,

* “haris eko saputra” (youtube.com/channel/UCvvDiZcEnjt2HwKv4l93VBQ).

(PDF cadangan, situs arsip per artikel ini disusun tidak bisa membuat arsip cadangan).


(3) Beberapa referensi yang berkaitan,

* Alodokter: “Anensefali adalah kondisi berbahaya yang menimpa bayi, di mana ia dilahirkan tanpa beberapa bagian otak dan tulang tengkorak. Risiko bayi untuk terlahir dengan kondisi ini akan meningkat jika ibunya kekurangan asam folat selama hamil.

Anensefali adalah salah satu kelainan pembentukan tabung saraf janin. Penyakit ini membuat otak, tengkorak, tulang belakang, atau sumsum tulang belakang bayi tidak terbentuk dengan normal.”

* HELLO SEHAT: “Tabung saraf sendiri merupakan lapisan sel yang nantinya akan berkembang menjadi otak, tengkorak, sumsum tulang belakang bayi, dan jaringan lain yang menyertainya.

Tabung saraf biasanya terbentuk pada awal kehamilan dan menutup pada hari ke-28 setelah pembuahan.”

* CDC: “Anencephaly adalah cacat lahir yang serius di mana bayi lahir tanpa bagian otak dan tengkorak. Ini adalah jenis cacat tabung saraf (NTD). Saat tabung saraf terbentuk dan menutup, ia membantu membentuk otak dan tengkorak bayi (bagian atas tabung saraf), sumsum tulang belakang, dan tulang punggung (bagian bawah tabung saraf).

Anencephaly terjadi jika bagian atas dari tabung saraf tidak menutup seluruhnya. Hal ini sering mengakibatkan bayi lahir tanpa bagian depan otak (otak depan) dan bagian otak yang berpikir dan terkoordinasi (serebrum). Bagian otak yang tersisa seringkali tidak tertutup oleh tulang atau kulit.” (Google Translate).

* Wikipedia: “Anencephaly adalah tidak adanya sebagian besar otak , tengkorak , dan kulit kepala yang terjadi selama perkembangan embrio . [1] Ini adalah kelainan cephalic yang diakibatkan oleh cacat tabung saraf yang terjadi ketika ujung rostral (kepala) tabung saraf gagal menutup, biasanya antara hari ke-23 dan ke-26 setelah pembuahan. [2] Sebenarnya, istilah Yunani diterjemahkan sebagai “tanpa otak” (atau sama sekali tidak memiliki bagian dalam kepala), tetapi diterima bahwa anak-anak yang lahir dengan kelainan ini biasanya hanya kekurangan telencephalon , [3]bagian terbesar otak terdiri dari belahan otak, termasuk neokorteks , yang bertanggung jawab untuk kognisi . Struktur yang tersisa biasanya hanya ditutupi oleh selaput tipis membran — kulit, tulang, meninges, dll. Semuanya kurang. [4] Dengan sedikit pengecualian, [5] bayi dengan kelainan ini tidak dapat bertahan lebih dari beberapa jam atau mungkin berhari-hari setelah lahir.” (Google Translate).

======

REFERENSI

(1) firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

(2) youtube.com: “Bayi kodok lhr di RSngesti waluyo TMG” https://bit.ly/3qY9mNA.

(3) alodokter.com: “Ketahui Apa Itu Anensefali” https://bit.ly/3r5fweV / https://archive.md/JdO59 (arsip cadangan).

(4) hellosehat.com: “Anencephaly” http://bit.ly/39w6mlS / https://archive.fo/0c8lB (arsip cadangan).

(5) cdc.gov: “Fakta tentang Anencephaly” http://bit.ly/2KZWpU6 (Google Translate) / http://bit.ly/2Myv3oC (arsip cadangan).

(6) wikipedia.org: “Anencephaly” http://bit.ly/39xh0Zv (Google Translate) / http://bit.ly/36kOoRh (arsip cadangan).

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button