Kroscek Fakta

[SALAH] Cina Donasikan 230 Triliun Untuk Bantu Palestina

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Judul suntingan. Faktanya pada artikel asli, Cina bukan memberikan bantuan senilai 230 triliun, melainkan senilai 210 miliar. Bantuan ini pun tidak ada hubungannya dengan bantuan perang antara Palestina-Israel saat ini.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten Manipulasi

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.vn/SarQG

=====
[NARASI]:
“Cina Donasikan 230 Triliun Untuk Bantu Palestina”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan dari media sosial Facebook yang berisi tangkapan layar sebuah artikel dengan judul “Cina Donasikan 213 Triliun Untuk Bantu Palestina”. Unggahan itu pun lantas mengundang komentar dari beberapa masyarakat, mengingat kabar perang Palestina-Israel tengah ramai menjadi perbincangan.

Namun setelah ditelusuri, tangkapan layar artikel tersebut ternyata hasil editan. Diketahui ternyata judul pada gambar tersebut sudah diedit.

Melalui penelusuran dari Google, ditemukan sebuah artikel yang mirip dengan gambar tersebut. Namun judul artikel dari media gatra.com tersebut adalah “Cina Donasikan 210 Miliar Untuk Bantu Palestina”. Sementara di gambar yang diunggah ke Facebook, judul artikel menyatakan bahwa Cina beri bantuan senilai 230 Triliun.

Artikel ini pun diunggah pada Agustus tahun 2019 lalu. Menurut Kantor Berita Palestina, WAFA, Jumat (30/8), dana itu akan digunakan untuk mendirikan infrastruktur, pengembangan pemuda dan kewirausahaan, pengembangan perempuan, dan energi. Dana itu juga digunakan untuk menggarap proyek di jalur Gaza dan di Tepi Barat. Jadi unggahan artikel tersebut sesungguhnya tidak ada hubungannya dengan bantuan perang yang terjadi baru-baru ini antara Palestina-Israel.

Dari hasil penelusuran dapat disimpulkan bahwa judul pada tangkapan layar artikel dalam unggahan adalah hasil editan yang termasuk dalam hoaks kategori manipulated content atau konten manipulasi. Unggahan ini pun sesungguhnya tidak berhubungan dengan bantuan perang antara Palestina-Israel sehingga diharapkan tidak menimbulkan perpecahan dan permusuhan di antara masyarakat.

=====
[REFERENSI]:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/PNg6xw8K-cek-fakta-benarkah-tiongkok-donasikan-rp213-triliun-bantu-palestina-ini-faktanya

https://www.gatra.com/detail/news/441299/international/cina-donasikan-rp213-triliun-untuk-bantu-palestina

=====

Editor: Bentang Febrylian

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button