Kroscek Fakta

[SALAH] Foto Jurnalis Menangis Saat Meliput Serangan Tentara Israel ke Masjid Al-Aqsa

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Foto jurnalis tersebut adalah jurnalis Irak yang menangis setelah Irak kalah melawan Qatar dalam pertandingan Asian Cup 2019 lalu, bukan jurnalis yang menangis saat meliput serangan tentara Israel ke Masjid Al-Aqsa.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/04Lae

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“Seorang jurnalis menangis saat mengambil gambar Masjid Al-Aqsa di Al Quds”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook dengan nama pengguna Abdur Rahman mengunggah sebuah kompilasi foto yang terdiri dari tiga foto seorang jurnalis yang sedang menangis dan sebuah foto yang menunjukkan beberapa anggota tentara yang berbaris di area masjid. Unggahan tersebut disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa foto jurnalis tersebut merupakan foto jurnalis yang menangis saat meliput serangan tentara Israel ke Masjid Al-Aqsa.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto jurnalis tersebut adalah jurnalis Irak yang menangis setelah Irak kalah melawan Qatar dalam pertandingan Asian Cup 2019 lalu, bukan jurnalis yang menangis saat meliput serangan tentara Israel ke Masjid Al-Aqsa. Foto-foto jurnalis asal Irak tersebut sudah pernah diunggah oleh akun Twitter resmi Asian Cup pada 24 Januari 2019 yang lalu, serta akun Twitter dengan nama pengguna Football__Tweet pada 28 Januari 2019 lalu.

Lebih lanjut, foto tentara Israel di area Masjid Al-Aqsa yang juga terdapat dalam kompilasi foto tersebut merupakan hasil gambar yang diambil oleh fotografer dari media Anadolu Agency, Mostafa Alkharouf, pada 7 Mei 2021.

Artikel dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs Reuters dengan judul artikel “Fact Check-Photo Shows Crying Photographer at Asian Cup 2019, Not 2021 Conflict in Jerusalem” dan mengkategorikannya sebagai ‘false’.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Facebook dengan nama pengguna Abdur Rahman tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://twitter.com/afcasiancup/status/1088392339540922368

https://twitter.com/Football__Tweet/status/1089889582609358848

https://www.aa.com.tr/en/pg/photo-gallery/israeli-police-enter-al-aqsa-mosque-in-jerusalem/4

https://www.reuters.com/article/factcheck-photographer-jerusalem-asia-cu/fact-check-photo-shows-crying-photographer-at-asian-cup-2019-not-2021-conflict-in-jerusalem-idUSL1N2N10SM

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button