Kroscek Fakta

[SALAH] Mata Uang Timor Leste Bergambar Pakaian Adat Rote

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah. Negara Timor Leste menggunakan mata uang Dollar Amerika Serikat bukan uang yang bergambarkan pakaian Adat Rote.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/I4x6X

= = = = =

NARASI:

“Butuh bantuan ada yang bisa fasih bahasa tetun/timor leste utk translate informasi. Disinyalir semntara terjadi pengakuan sepihak adat budaya Rote dalam pengggunaan di mata uang pecahan 100 Timor Leste. Tq”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah postingan dari akun Facebook Zhemy Bessie memposting sebuah gambar uang dengan pakaian Adat Rote yang diklaim adalah mata uang Timor Leste. Postingan tersebut disukai 13 kali, dikomentari 1 kali.

Berdasarkan artikel dari merdeka.com, Jesuino Dos Reis Matos C selaku Konsul Republik Demokratik Timor Leste menjelaskan Timor Leste masih menggunakan Dolar Amerika Serikat sebagai mata uang. Duta Besar Indonesia Untuk Republik Demokratik Timor Leste, Sahat Sitorus setelah mengonfirmasi pada Banco Central Timor Leste menyatakan bahwa uang tersebut adalah uang palsu.

“Kami akan coba cek ke Banco Sentralnya. Saya belum pernah mendengar informasi tersebut, dan bahkan belum pernah melihat sendiri fisiknya. Akan coba mencari info tentang hal tersebut, sejauh ini mata uang resmi Timor Leste masih Dolar AS dan ada uang logam 100 Centavos atau senilai 1 Dolar AS. Jawaban Bank Central, bahwa itu hoaks,” Kata Sahat Sitorus.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim uang Timor Leste bergambarkan pakaian Adat Rote adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-benarkah-uang-timor-leste-bergambar-pakaian-adat-rote-ndao-ntt.html

https://sumut.suara.com/read/2021/02/16/145928/uang-timor-leste-bergambar-pakaian-adat-rote-ndao-begini-faktanya

Penulis: Natalia Kristian
Editor: Bentang Febrylian

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button