Kroscek Fakta

[SALAH] Musibah di NTT Tidak Disiarkan di Televisi

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Hal tersebut tidak benar. Faktanya banyak media yang sudah menyiarkan bencana yang melanda NTT tersebut misalnya Tvone, Metro, dan CNN.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Salah

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://archive.vn/YtQcP

= = = = =

NARASI:
“Turut berdukacita atas musibah d NTT,
Media TV sampai lupa GK ada yg nyiarin berita musibah d NTT”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun bernama Difa dif dif memposting sebuah narasi turut berduka cita atas musibah yang melanda NTT serta mengklaim bahwa media TV tidak ada yang menyiarkan berita bencana di NTT.

Setelah ditelusuri klaim tersebut tidak benar karena beberapa media TV sudah menyiarkan berita bencana yang melanda NTT seperti CNN Indonesia yang memuat siaran berjudul “Banjir Bandang Terjanh Flores Timur” pada tanggal 5 April 2021.

Kemudian pada Youtube Kompas TV juga menayangkan berita tentang susana kepanikan warga saat menyaksikan banjir bandang. Tvone juga memberitakan bencana yang terjadi di NTT dalam tayangan yang diunggah pada 4 April 2021 itu memuat informasi tentang korban bencana dan kerusakan yang disebabkan bencana tersebut.

Dengan demikian klaim bahwa musibah di NTT tidak disiarkan pada media TV adalah tidak benar pasalnya banyak media TV seperti Tvone, metro, dan CNN sudah menyiarkan berita tersebut sehingga masuk dalam kategori konten salah.

REFERENSI:
https://youtu.be/0CyNFlai6sc
https://youtu.be/bKG13frpIbw
https://youtu.be/V98dUqYiHoc

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button