Kroscek Fakta

[SALAH] “Olimpiade Tokyo 2021 DIBATALKAN”

Informasi hoaks. International Olympic Committee (IOC) dan Pemerintah Jepang sudah membantah informasi ini. IOC tidak membatalkan Olimpiade Tokyo 2021 dan ajang yang akan berlangsung di Jepang itu tetap berjalan sesuai rencana.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten Palsu
============================================

Akun Ed Hobrok (fb.com/ed.hobrok) pada 22 Januari 2020 mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“Tokyo Olympics ‘are CANCELLED’: Japanese government ‘has privately concluded the Games cannot go ahead this summer’ after they were postponed from last year.
طيب والله فرصة، ما نطالب بتنظيمها في مصر”

Atau ila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

“Olimpiade Tokyo ‘DIBATALKAN’: Pemerintah Jepang ‘secara pribadi menyimpulkan bahwa Olimpiade tidak dapat dilanjutkan musim panas ini’ setelah ditunda dari tahun lalu. Ya, dan Tuhan adalah kesempatan, kami tidak menuntut untuk mengaturnya di Mesir”

Sumber : https://archive.md/n3fxP (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa Olimpiade Tokyo 2021 dibatalkan karena pemerintah Jepang menyimpulkan Olimpiade tidak dapat dilanjutkan musim panas ini setelah ditunda dari tahun 2020 adalah klaim yang keliru.

Faktanya, informasi tersebut adalah informasi palsu. International Olympic Committee (IOC) dan Pemerintah Jepang sudah membantah informasi ini. IOC tidak membatalkan Olimpiade Tokyo 2021 dan ajang yang akan berlangsung di Jepang itu tetap berjalan sesuai rencana.

Dilansir dari Medcom, IOC telah membuat pernyataan yang membantah klaim Pemerintah Jepang membatalkan Olimpiade Tokyo 2021 melalui akun Twitter resminya, twitter.com/iocmedia pada 22 Januari 2020.

“Pada rapat Dewan Eksekutif IOC pada Juli tahun lalu, telah disepakati bahwa Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akan diadakan pada 23 Juli tahun ini, dan program serta tempat penyelenggaraan Olimpiade dijadwalkan ulang sesuai dengan itu. Semua pihak yang terlibat adalah bekerja sama untuk mempersiapkan Olimpiade yang sukses musim panas ini, “bunyi pernyataan itu seperti yang dilaporkan oleh Medcom.

IOC menambahkan bahwa tindakan pencegahan terhadap covid-19 akan diterapkan dan bahwa “IOC sepenuhnya berkonsentrasi dan berkomitmen untuk keberhasilan penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2021 tahun ini.”

Selain itu, dilansir dari Kompas, Presiden dari International Organising Committee (IOC), Thomas Bach juga mengatakan hal serupa.

“Tidak ada rencana B, tidak ada alasan apa pun untuk percaya bahwa Olimpiade Tokyo tidak akan dibuka pada 23 Juli di Stadion Olimpiade di Tokyo,” ujarnya kepada Kyodo News.

Anggota Senior IOC, Dick Pound menyebut acara akan tetap dilakukan pada bulan Juli hanya saja tidak menyertakan keberadaan penonton di sekitar lokasi pertandingan.

Sementara itu, Perdana Menteri Yoshihide Suga menegaskan, Olimpiade Tokyo yang sempat tertunda tidak akan kembali ditunda apalagi dibatalkan. Acara ini akan tetap digelar pada Juli 2021.

“Saya bertekad menjadi tuan rumah pertandingan dengan aman dan terjamin di bulan Juli, bekerja sama dengan organisasi baik di dalam maupun luar negeri,” kata Suga, Jumat (22/1/2021).

Wakil Ketua Sekretaris Kabinet, Manabu Sakai juga menyampaikan, Pemerintah Jepang tidak pernah berniat menunda Olimpade Tokyo hingga 2032 sebagaimana disebutkan dalam unggahan dan informasi yang beredar.

REFERENSI
https://twitter.com/iocmedia/status/1352574361425895425 (Arsip – https://archive.vn/HcRpV)
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/dN6AzGaK-cek-fakta-jepang-batalkan-olimpiade-tokyo-2021-ini-faktanya
https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/25/161200965/-hoaks-olimpiade-tokyo-2021-batal-dan-diundur-pada-2032

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button