Kroscek Fakta

[SALAH] SMS Berhadiah 100 Juta Dari Telkomsel

SMS mengatasnamakan Telkomsel bukan berasal dari pihak telkomsel. Adapun, laman yang ada dalam SMS itu bukan laman resmi milik Telkomsel. Laman resmi milik Telkomsel beralamatkan di www.telkomsel.com.

=====

Kategori: Konten Palsu

=====

Sumber: SMS dan Laman Daring

Arsip Laman Daring dari SMS sumber:

https://archive.vn/xhd5A

=====

Narasi:

“Slmt..@nda dapat 100jt dari T-E-L-K-O-M-S-E-L KODE ID Anda (257r477) Info klik https://bit[dot]ly/x-telkomsel”

=====

Penjelasan:

Beredar SMS yang menyatakan penerima sms tersebut mendapat hadiah sebesar Rp100 juta dari pihak Telkomsel. Dalam pesan SMS tersebut terdapat tautan yang mengarahkan ke laman x-telkomsel[dot]webnote[dot]com.

Berdasarkan hasil penelusuran, SMS tersebut bukan dari pihak Telkomsel. Adapun, pesan berhadiah mengatasnamakan Telkomsel sudah pernah diperiksa faktanya di turnbackhoax.id dengan judul [SALAH] Pesan Berantai Undian Hadiah Uang Tunai dari Telkomsel yang tayang pada 11 Oktober 2020.

Dilansir dari merdeka.com, VP Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati menjelaskan, segala informasi dari Telkomsel untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan produk, ataupun promosi berhadiah, selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi. Seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta website resmi perusahaan.

“Satu-satunya website korporasi Telkomsel yang memberikan informasi resmi terkait program, layanan produk ataupun promosi berhadiah secara transparan dan jelas kepada pelanggan, yaitu www.telkomsel.com,” papar Adita kepada merdeka.com melalui keterangan tertulis, Minggu (15/3).

Mengacu pada laman resmi Telkomsel, yakni telkomsel.com, untuk melaporkan penipuan mengatasnamakan Telkomsel bisa melalui layanan call center 24 jam di nomor 188. Selain itu, bisa melaporkan melalui SMS pengaduan ke nomor 1166 dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN. Atau, bisa melaporkan melalui surat elektronik ke cs@telkomsel.co.id, bisa mention melalui facebook.com/telkomsel, dan mention melalui twitter di @telkomsel.

Berdasarkan penjelasan itu, maka konten SMS tersebut masuk ke dalam kategori Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://www.merdeka.com/peristiwa/ini-ciri-sms-berhadiah-resmi-dari-telkomsel.html

https://www.telkomsel.com/support/waspada-penipuan

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button