Kroscek Fakta

[SALAH] SMS Berhadiah Cek Rp35.000.000 Dari BRI

SMS yang beredar mengenai cek sebesar Rp35.000.000 dari BRI bukan berasal dari BRI. Selain itu, tautan dalam SMS tersebut tidak mengarahkan ke laman resmi milik BRI. Laman resmi milik BRI beralamatkan https://bri.co.id/.

=====

Kategori: Konten Palsu

=====

Sumber: SMS dan Tautan

https://archive.vn/2z1av

=====

Narasi:

“Nasabah BRI Yth !!! Nomor Rek BRI Anda Mendapat CEK Rp.35.000.000,-. NO.UNDI Anda (789789) Info Jelas Di

https://bit[dot]ly/BRI-BritAma2021

=====

Penjelasan:

Beredar SMS yang menyatakan penerima SMS akan mendapatkan cek sebesar Rp35.000.000 dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dalam SMS tersebut juga terdapat tautan beralamatkan https://bit[dot]ly/BRI-BritAma2021.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa SMS tersebut bukan berasal dari pihak BRI karena tautan dalam SMS tersebut bukan laman resmi milik BRI. Adapun, laman resmi milik BRI ialah https://bri.co.id/. Isu serupa SMS tersebut sudah pernah diperiksa faktanya di turnbackhoax.id dengan artikel berjudul [SALAH] “Pemberitahuan pemenang undian bank BRI”.

Selain itu, pihak BRI sudah pernah mengimbau terkait SMS yang mengatasnamakan BRI tersebut pada tahun 2017. Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso mengimbau dan mengingatkan para nasabahnya agar selalu berhati-hati terhadap keamanan simpanannya.

“Ketika terjadi penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, bukan hanya nasabah saja yang dirugikan, akan tetapi bank juga ikut dirugikan karena menodai citra dan reputasi yang bisa menyebabkan kepercayaan nasabah untuk menyimpan uangnya di bank menjadi menurun,” ujar Hari Siaga.

Apabila mendapatkan informasi memenangkan hadiah dalam jumlah besar, hendaknya masyarakat tidak terburu buru mempercayainya. Sebaliknya, nasabah mesti segera mencari kebenaran akan informasi tersebut. Modus yang selama ini terjadi yakni nasabah mendapatkan sms dari nomor tidak dikenal dan kemudian diharapkan mentransfer sejumlah uang sebagai persyaratan agar hadiah tersebut dapat dikirimkan atau dicairkan.

Modus ini sebenarnya modus lama namun masih sering saja terjadi. “Nasabah jangan mudah percaya begitu saja. Apabila mendapatkan info terkait pengumuman hadiah bisa menghubungi kantor BRI terdekat atau bisa mengakses website resmi Bank BRI yakni www.bri.co.id,” imbuh Hari Siaga.

Selain itu, Bank BRI juga memiliki akun twitter resmi yakni @promo_bri, @kontakBRI dan @BANKBRI_ID, akun facebook resmi BANK BRI dan instagram @bankbri_id. Apabila ada media sosial lain maupun web yang mengatasnamakan Bank BRI bisa dipastikan hal tersebut merupakan indikasi penipuan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten SMS mengatasnamakan BRI itu masuk ke dalam kategori Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GNGWaXlN-undian-bri-simpedes-berhadiah-bilyet-giro-senilai-rp35-juta-ini-faktanya

https://republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/17/08/24/ov6zk1415-bri-imbau-nasabah-waspada-penipuan-dengan-modus-hadiah

https://bri.co.id/

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button