Keagamaan

Sampaikan Hari 2021: Berbeda, Tetap Bersama

Indonesia memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki negara lain. Bangsa ini kaya akan suku, budaya, dan agama / kepercayaan. Persatuan ini harus dijaga agar tercipta bangsa yang damai dan rukun. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, Indonesia mengalami segregasi sosial yang dipicu oleh intoleransi, eksklusivisme, dan ekstremisme yang kerap berujung pada kekerasan.

Sejak awal tahun 2020, Indonesia dan dunia pada umumnya telah mengalami situasi yang sulit sebagai akibatnya pandemi Covid-19 yang telah merenggut nyawa puluhan ribu dan menjangkiti jutaan orang Indonesia, sehingga menimbulkan krisis multidimensi. Di tengah situasi ini, kohesi sosial harus menjadi modal utama untuk saling menguatkan, bahu membahu dan saling membantu sesama masyarakat Indonesia. Ironisnya, pandemi Covid-19 juga mengedepankan eksklusivitas, intoleransi, bahkan ekstrem yang pada gilirannya membuat orang menjadi terpolarisasi, saling curiga, dan saling membenci.

Untuk itulah, Pusat Kajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta bekerjasama dengan UNDP Indonesia menggelar CONVEY Day 2021 dengan tema “Beda, Tetap Bersama” untuk merayakan kebhinekaan bangsa sekaligus memperkuat solidaritas di tengah keberagaman. krisis yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Tujuan CONVEY Day 2021 adalah 1). Membangun kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, untuk menghormati perbedaan suku, agama, ras dan antarkelompok; 2). Berbagi cerita inspiratif dari para pemimpin, baik dari pembuat kebijakan maupun dari masyarakat umum tentang “Beda, Tetap Bersama”; dan 3). Mendorong kolaborasi antar pemangku kepentingan, organisasi masyarakat sipil, dan masyarakat umum untuk membangun Indonesia yang toleran, harmonis, dan damai.

CONVEY Day ini mencakup beberapa kegiatan, antara lain: 1). Kompetisi online – blog, video animasi, poster, komik, tiktok dan foto, yang diikuti oleh lebih dari 3000 peserta. 2). Seri Webinar “Moderasi Religius” dengan tokoh masyarakat yang telah dilaksanakan sebanyak 20 kali 3). Kampanye publik online, terutama dengan komunitas atau aktivis individu.

Peristiwa CONVEY Day 2021 Ini adalah link dalam program CONVEY Indonesia yang sejak tahun 2017 dimotori oleh Center for Islamic and Community Studies (PPIM) UIN Jakarta. CONVEY Indonesia bergerak di bidang toleransi dan perdamaian dengan fokus pada penelitian (knowledge generation), khususnya yang berkaitan dengan pendidikan, pendidikan agama dan kehidupan beragama. Berdasarkan hasil penelitian ini, PPIM mendorong para pengambil kebijakan untuk melakukannya

Formulasi kebijakan berbasis bukti (pembuatan kebijakan berbasis bukti / data). Selain itu, PPIM juga melakukan peningkatan kapasitas dan kampanye publik untuk pemuda, perempuan dan kelompok rentan. Melalui program CONVEY ini, PPIM UIN Jakarta telah bekerjasama dengan lebih dari 60 organisasi masyarakat sipil seperti lembaga pendidikan, organisasi advokasi, komunitas pemuda, perusahaan (sektor swasta) dan seterusnya, serta pembuat kebijakan baik di tingkat pusat maupun daerah, serta di tingkat legislatif dan eksekutif.

Tahun ini, puncak acara CONVEY Day 2021 melibatkan berbagai tokoh nasional, baik dari pemangku kepentingan maupun dari masyarakat umum, antara lain: Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama Republik Indonesia), Nadiem Anwar Makarim (Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI). Republik Indonesia), Najwa Shihab (Pendiri Narrative TV), Tompi (Musisi, Dokter); Wiwin Siti Aminah (Co-founder Srikandi Lintas Iman), Norimasa Shimomura (Resident Representative UNDP Indonesia), Jamhari Makruf (Team Leader CONVEY Indonesia) dan Dita Kirana (Peneliti PPIM UIN Jakarta).

Karakter-karakter ini, akan berbagi cerita inspiratif dengan cara bercerita tentang pentingnya hidup bersama dalam keragaman dan solidaritas terutama pada saat terjadi pandemi. Festival ini akan melibatkan kurang lebih 50 komunitas dan organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang perdamaian.

Tonton CONVEY Day on:

Hari / Tanggal: Jumat, 5 Maret 2021, 15.30-17.30 WIB

Tayang perdana pada Saluran YouTube CONVEY Indonesia

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button