Kilas Info Daerah

Sarinah akan diluncurkan kembali pada November tahun ini

Gedung Sarinah juga akan diisi duty free.

RADARCIANGSANA.COM, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir maukah akudiluncurkan kembali Sarinah pada November tahun ini. Erick berkata kemudian Sarinah akan menjadi pusat ritel lokal pertama dan terbesar di Indonesia.

Erick menjelaskan, selama ini produk lokal sering dipandang sebelah mata oleh bangsa sendiri. Merek lokal, kata Erick, masih sering ditempatkan di urutan dua, meski pun merek banyak lokal memiliki standar dan kualitas dunia.

Insyaallah November Sarinah bangun dari tidur dengan wajah baru dan menjadi retail center 100 persen merek lokal di Indonesia, kata Erick di Kementerian BUMN, Selasa (4/5).

Erick menjelaskan, Gedung Sarinah juga tidak hanya akan menampung Sarinah sebagai toko serba ada tapi juga akan ada bebas pajak sebagai salah satu pusat ritel terbesar di dunia. Kerjasama antara Sarinah dan bebas pajak tidak hanya di Indonesia, tapi nanti di Indonesia sudut di 100 lokasi bebas pajak keliling dunia.

“Nanti di Sarinah akan ada 10 produk unggulan lokal UMKM lokal yang akan dipasarkan di dunia. Pemasarannya melalui outlet di bebas pajak. Kami menargetkan 100 orang Indonesia sudut akan berada di 100 lokasi bebas pajak selama lima tahun ke depan, “kata Erick.

Erick menjelaskan kemudian dari samping bebas pajak itu tidak akan berisi semua produk lokal. Karena sifatnya kerjasama, akan tetap ada produk dari bebas pajak. “Nanti 80 persen produk lokal kita, 20 persen merek lain,” kata Erick.

Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati menjelaskan, saat ini Sarinah telah membuka peluang pendaftaran bagi UMKM se-Indonesia yang akan masuk ke Sarinah dan bersaing menjadi 10 produk unggulan.

“Tentunya kita harus melakukan kurasi dulu. Kita lakukan kurasi ini pada bulan Juni dan Juli. Ini akan dikelompokkan menjadi tiga, yaitu dasar, terpilih dan tanda tangan, “kata Fetty di lokasi yang sama.

Fetty juga menjelaskan, dalam proses kurasi Sarinah akan melibatkan tenaga ahli dari luar seperti fashion antusiast, busana eksperimental, kerajinan pengalaman juga gaya berpakaian terkenal. Fetty menjelaskan dengan kurasi ini, proses seleksi akan terbuka dan adil.

“Nanti produk yang lolos kurasi juga akan ditampilkan di toko offline. Namun, semua UMKM yang memang akan bergabung juga akan mendistribusikan penjualannya melalui toko bebas bea, rumah Perdagangan dan Sarinah Internasional Offshore, “kata Fetty.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button