Berita

Satgas Covid-19: Pada Prinsipnya Esensi PPKM dan PSBB Sama : Okezone Nasional

JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa secara esensi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat adalah sama. Seperti diketahui pada awal pandemi pemerintah sempat memberlakukan PSBB.

Kemudian pada tanggal 11 Januari hingga 25 Januari 2021, pemerintah memberlakukan PPKM. Kemudian pemerintah melakukan perpanjangan PPKM dari tanggal 26 Januari hingga 8 Februari.

“Saya ingin menyampaikan bahwa pada prinsipnya esensi program pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM dan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB adalah sama,” katanya saat konferensi pers, Selasa (2/2/2021).

“Karena keduanya sesuai dengan UU No.6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan yang mengklasifikasi jenis pembatasan kegiatan menjadi karantina rumah, karantina wilayah, karantina rumah sakit, dan pembatasan sosial berskala besar,” lanjutnya.

Baca Juga: Soal Karantina Wilayah Terbatas hingga RT/RW, Begini Penjelasan Satgas

Dia menyebut untuk PPKM mengakomodir penerapan kebijakan pembatasan wilayah tapi spesifik di daerah dengan parameter yang telah ditetapkan pemerintah.

“Namun spesifik ke daerah yang masuk ke dalam pertimbangan khusus dengan 4 parameter nasional dan langsung bertanggung jawab di bawah pimpinan daerah,” ujarnya.

Dia kembali menyampaikan bahwa PPKM diharapkan bertujuan menurunkan angka kasus aktif dan meningkatkan angka kesembuhan. Namun hal ini akan efektif jika semua masyarakat patuh menjalankan protokol kesehatan.

(kha)

Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button