Kilas Info Nasional

Sebagian Pengungsi Banjir Bandang Gunung Mas Mulai Pulang ke…

loading…

BOGOR – Ratusan kepala keluarga (KK) yang sempat mengungsi akibat banjir bandang Gunung Mas , Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor, sejak Minggu (24/1/2021) hingga hari ini Senin (25/1/2021) berangsur mulai kembali ke rumah masing-masing.
Pembersihan sisa material banjir bandang di Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, terus dilakukan.

Satu per satu mulai membersihkan rumah dan mencari sisa barang yang masih bisa digunakan. Sementara tanggul penghalang air di sekitar pemukiman warga juga sudah mulai dibangun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor.

Tatan (45), salah satu warga di RT 02/02 mengatakan, kami korban banjir bandang Kampung Gunung Mas mengucapkan terima kasih atas doa, bantuan materi dan non materi yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bogor dan seluruh pihak. Kami sudah bisa kembali ke rumah.

“Pemerintah Kabupaten pun bergerak sangat cepat, semoga semuanya lekas bangkit. Dan semoga ini menjadi berkah serta menjadi hikmah tersendiri bagi kami yang menerimanya,” terang Tatan. Baca: Korban Banjir Bandang Gunung Mas Kehilangan Emas dan Uang, Polisi: Terbawa Banjir

Warga lainnnya Cecep Supriadi, yang juga Ketua RT 02/02 Kampung Gunung Mas menjelaskan, sebanyak 1026 jiwa dari 324 kepala keluarga sedang didata untuk dapat kembali ke kediamannya. “Seluruh warga RT 02 RW 02 hari ini semuanya sudah bisa pulang, sementara yang masih ada di wilayah zona merah banjir, karna rumahnya terdampak banjir masih bertahan di pondok pengungsian PTPN VIII,” ujar Cecep.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, kondisi di lokasi bencana banjir bandang semakin terkendali dan kondusif. Sehingga bagi pengungsi sudah dipersilahkan untuk kembali ke rumah masing-masing.

“Logistik sangat cukup, lokasi juga sudah bersih. Ada beberapa lokasi yang sudah bisa ditinggali kembali. Dan masyarakat dapat kembali ke rumahnya masing-masing,” kata Ade Yasin. Bupati juga mengatakan bagi pengungsi yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan akibat banjir bandang, untuk tetap bersabar tinggal di tempat pengungsian yang telah disediakan pengelola Agro Wisata Gunung Mas.

“Pada prinsipnya, semua sudah oke, aman, kondusif. Kan yang rusak cuma sedikit. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada relawan yang sudah membantu dan kita sudah oke, cukup ditangani oleh perusahaan, Dinsos, TNI-Polri. Perlahan-lahan akan kembali ke tempat tinggalnya,” kata Ade.

Ia juga mengatakan sebelum para korban bencana alam kembali ke rumahnya pihaknya akan mendukung kebutuhan masyarakat. “Sebelum mereka pulang ke kediamannya masing-masing maka kebutuhan mereka mulai beras hingga popok bayi akan kami support,” ungkapnya.

(hab)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button