Kilas Info Daerah

Sekretaris Daerah Karawang: Pemerintah Kabupaten Karawang dan Kejari Bisa Bekerja Sama Menyelesaikan Masalah Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

Karawang, – wartapasundan.id

Pemerintah Kabupaten Karawang (Pemkab) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Penanganan Masalah Hukum dalam Tata Usaha Negara (TUN) di Hotel Resinda, Kamis (4/3/2021) pagi.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU-red) tersebut ditandatangani langsung oleh Sekretaris Daerah Karawang, H. Acep Jamhuri dan Kasiswa Karawang, Rohayatie. Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Daerah, Staf Ahli, serta Kepala OPD Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya, Bupati Karawang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Karawang menjelaskan bahwa penandatanganan MoU tersebut merupakan bentuk koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Karawang dengan instansi vertikal yaitu Pengadilan Negeri Karawang sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 6. Tahun 1998 tentang Koordinasi Institusi Vertikal di Daerah.

“Dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama ini diharapkan penyelesaian permasalahan hukum di bidang Keperdataan dan Tata Negara dapat lebih cepat dan tepat sasaran, serta memberikan kepastian hukum bagi Pemerintah Kabupaten Karawang untuk melaksanakan tata pemerintahan yang baik,” ujar Daerah. Sekretaris.

Sekda juga menambahkan, pihaknya akan saling berkoordinasi dan saling memberikan informasi dalam rangka pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, konsultasi hukum, dan tindakan hukum lainnya, sehingga dapat menjamin keberhasilan upaya penegakan hukum di Kabupaten Karawang.

“Saya berharap Pemerintah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Kejari bisa bekerja sama untuk menyelesaikan masalah civil law dan ketatanegaraan (TUN),” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang, Rohayati mengatakan pihaknya juga siap bersinergi dengan memberikan pertimbangan, pendampingan dan bantuan hukum kepada Pemerintah Kabupaten Karawang di bidang perdata dan ketatanegaraan (TUN) sesuai. untuk kesepakatan.

“Kami selaku Kejaksaan Agung dengan senang hati memberikan bantuan untuk berkonsultasi dengan kami mengenai masalah hukum yang belum dipahami, dan Kejaksaan Karawang siap membantu,” jelasnya.

Ia pun berharap nota kesepahaman yang telah ditandatangani bersama dapat segera diimplementasikan dalam berbagai kegiatan nyata dengan penuh keikhlasan.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button