Kilas Info Nasional

Stafsus Jokowi Sebut Pemilu Palestina Momentum Rekonsiliasi…

loading…

JAKARTA – Staf Khusus (Stafsus) Presiden Jokowi, Diaz Hendropriyono memuji keputusan Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengadakan pemilihan umum untuk pertama kalinya sejak 2006. Menurut Diaz, pemilu ini adalah momentum rekonsiliasi Hamas-Fatah, dua fraksi utama dalam konflik internal Palestina.

“Saya optimis pemilu ini akan menjadi momentum rekonsiliasi. Kalau Hamas dan Fatah kompak, perjuangan diplomasi Palestina akan lebih efektif karena legitimasinya jelas,” kata Diaz, Sabtu (23/1/2021).

Ia menilai, konflik internal berkepanjangan antara Hamas dan Fatah selama ini menyulitkan Palestina memperjuangkan kemerdekaan. Sehingga, keputusan mengadakan pemilu adalah keputusan yang tepat sekaligus menunjukkan kenegarawanan (statesmanship) Mahmoud Abbas sebagai pemimpin Palestina, yang juga akan maju sebagai kandidat petahana dari Fatah.

Baca juga: Sekjen PBB Sambut Baik Rencana Penyelenggaraan Pemilu di Palestina

“Keputusan mengadakan pemilu ini bukti bahwa selain Presiden Mahmoud Abbas adalah negarawan sejati, juga menunjukkan komitmen Abbas terhadap demokrasi dan perdamaian di Palestina. Sikap ini harus 100% didukung,” katanya.

Diaz yang juga Ketua Umum DPN PKPI ini menganggap, hubungan Indonesia-Palestina telah terjalin harmonis sejak lama. Maka itu, ia optimistis hal ini bisa menjadi modal utama Indonesia dalam berperan memfasilitasi proses rekonsiliasi tersebut.

“Hubungan Indonesia dan Palestina sudah seperti saudara, kita pasti bantu apabila diminta. Ketika kita musibah kecelakaan pesawat Sriwijaya, saudara kita di Palestina turut menggelar salat ghaib bagi korban. Ini menunjukkan kedekatan kita,” ujarnya.

Baca juga: Pertama dalam 15 Tahun, Abbas Umumkan Pemilu Palestina

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button