Kilas Info Daerah

Strategi Kaltim Pupuk Jaga Stabil Operasional di Tengah Pandemi

Radarciangsana.com – Menjaga ketahanan pangan nasional di tengah pandemi menjadi fokus utama Pupuk Kaltim sebagai produsen pupuk urea terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, berbagai strategi dilakukan untuk menjaga kestabilan operasional pabrik.

Salah satunya melalui “PKT Proaktif Covid-19”. Melalui program ini, Pupuk Kaltim fokus dalam melindungi karyawan dan masyarakat sekitar Perusahaan, dengan upaya pencegahan dan penanganan yang komprehensif dari hulu hingga hilir.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan sebagai bagian dari industri strategis yang berperan dalam menjaga ketahanan pangan nasional, sejak awal pandemi, fokus Pupuk
Kaltim memastikan operasional dapat terus berjalan dengan stabil dan karyawan tetap aman dan sehat selama bekerja.

“Melalui program PKT Proaktif Covid-19, kami yakin untuk rumah sehat semua desa juga harus sehat, sehingga upaya kami sangat teliti dan optimal mulai dari pendidikan,
memberikan berbagai bantuan, hingga penegakan keamanan dalam pelaksanaan protokol kesehatan. Berbagai kolaborasi multipihak mulai dari petugas medis hingga aparat keamanan, pun menjadi
strategi dalam program PKT Proaktif Covid-19. Kami optimis melalui program ini dapat terus menjaga ketahanan pangan nasional, bahkan di tengah pandemi, ”imbuh Rahmad.

Baca juga:
Menghasilkan Hasil, Dirut Pupuk Kaltim Siap Perluas Program Solusi Agro

Sejak tahun 2020, beberapa inisiatif telah dilakukan melalui program “PKT Proaktif Covid-19”, antara lain penyediaan mobil sehat tracing contact Covid-19 di kawasan bufferzone, penyerahan ribuan masker kepada pejabat di Kalimantan Timur, hingga dukungan penegakan keamanan pada saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) di kawasan penyangga dan belimbing.

Selain itu, pemberdayaan warga sekitar melalui mitra binaan juga menjadi fokus Pupuk Kaltim agar tetap produktif di tengah pandemi. Salah satunya melalui program produksi mandiri dari mitra binaan Pupuk Kaltim untuk pembuatan masker dan jas hazmat yang diperuntukkan bagi tenaga medis.

Pada tahun 2021, Pupuk Kaltim akan terus menjalankan program pemberantasan Covid-19 melalui berbagai upaya, seperti penyemprotan disinfektan di lingkungan yang sudah dipastikan warga terjangkit Covid-19, bantuan APD, dan pemberian makanan tambahan bagi petugas kesehatan serta pemberian sembako kepada masyarakat. Pejuang Covid-19.

Tidak hanya menyalurkan bantuan, Pupuk Kaltim juga terus mengedukasi dan mengimbau masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan 5M. Imbauan tersebut diberikan di berbagai kanal seperti media sosial, media cetak, dan media luar ruang di kawasan bufferzone.

“Kesadaran dan kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan juga menjadi kunci untuk membantu menekan laju perkembangan Covid-19, sehingga edukasi masyarakat terkait Covid-19 menjadi fokus Pupuk Kaltim pada 2021,” pungkas Rahmad.

Baca juga:
Pupuk Kaltim membeli 10 unit GeNose C19 senilai Rp. 620 juta

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button