Kilas Info Nasional

Sukses Genjot Investasi 2020, Bahlil Ditarget Lebih Tinggi Lagi…

loading…

JAKARTABadan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, realisasi investasi di 2020 mencapai Rp826,3 triliun, melampaui target yang telah ditetapkan sebesar Rp817,2 triliun.

Berkat hasil positif tersebut, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengaku pihaknya diberi target realisasi investasi yang lebih tinggi pada tahun ini oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tak tanggung-tanggung, Jokowi memberi target sebesar Rp900 triliun.

Baca Juga: Moncer! Realisasi Investasi 2020 Lampaui Target

“Bappenas menyampaikan target investasi sebesar Rp856 triliun, tapi arahan Presiden harus Rp900 triliun. Karena saya sebagai pembantu Presiden, ya harus loyal dan taat kepada komandan,” kata Bahlil dalam konferensi pers secara virtual, Senin (25/1/2021).

Kendati demikian Bahlil mengakui bahwa target yang ditetapkan oleh presiden tersebut bukan pekerjaan yang mudah. Namun, dia berjanji akan bekerja keras dengan seluruh strategi yang dimiliki oleh BKPM.

“Saya akan coba memformulasikan itu dengan langkah-langkah konkrit, komprehensif dan terukur agar dapat mencapai target tersebut,” jelasnya.

Baca Juga: Investasi Moncer di 2020, Tapi Belum Ngefek ke Ekonomi

Bahlil menambahkan, target realisasi investasi ini bisa tercapai jika pandemi bisa diatasi dengan baik. Salah satunya, dengan program vaksinasi yang telah dijalankan oleh pemerintah. “Kedua, adanya UU Cipta Kerja, memberikan dampak positif bagi investor. Rencananya Februari bisa kita eksekusi,” tandasnya.

Untuk diketahui, realisasi investasi di 2020 terdiri dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp413,5 triliun atau naik 7%. Sedangkan sisanya berasal dari penanaman modal asing (PMA) mencapai Rp412,8 triliun atau turun 2,4%. Realisasi investasi sepanjang tahun 2020 yang mencapai Rp826,3 triliun tercatat tumbuh 2,1% secara tahunan (year on year/yoy).

(fai)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button