Berita

Sulit untuk berpikir kita dapat memiliki nol kasus Covid-19

Jakarta, Radar Ciangsana –

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian Indonesia pesimis bisa menurunkan penularan Covid-19 hingga nol kasus atau transmisi nol.

Tito menyimpulkan hal ini dari pengalaman negara lain. Menurut dia, banyak negara yang mengklaim nol kasus Covid-19, namun warganya dinyatakan positif Covid-19 saat masuk ke Indonesia.

“Sulit untuk berpikir bahwa kami bisatransmisi nol, tidak ada kasus. Nyatanya, hampir tidak ada negara yang nol kasusnya, ”kata Tito dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 yang disiarkan di kanal Youtube Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Selasa (4/5).

Meski begitu, Tito optimistis Indonesia bisa mengendalikan pandemi Covid-19. Dia meminta seluruh kepala daerah memastikan kurva penularan kasus di daerahnya miring.

Mantan Kapolri itu juga meminta kepala daerah memastikan angka kesembuhan terus meningkat. Ia ingin setiap daerah mencatat angka pemulihan di atas rata-rata nasional, yakni 91,3 persen.

Di saat yang sama, dia juga ingin angka kematian akibat Covid-19 terus menurun. Menurut Tito, saat ini angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 2,7 persen.

Tito pun berharap kepala daerah bisa menjaga tingkat okupansi rumah sakit (BOR). Ia mengatakan, saat ini rata-rata tingkat okupansi rumah sakit berada di angka 30 persen.

“Kalau kita tidak bisa mengontrol angka-angka ini, maka akan sulit bagi kita untuk melonggarkan perekonomian, akan terjadi ledakan seperti di India,” ujarnya.

Hingga Senin (3/5), Indonesia mencatat 1.677.274 kasus Covid-19. Sudah 45.796 orang meninggal karena virus corona.

Salah satu kekhawatiran pemerintah saat ini adalah potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Idul Fitri. Untuk mengantisipasi potensi tersebut, pemerintah telah memberlakukan larangan mudik mulai tanggal 6-17 Mei.

(dhf / gil)

[Gambas:Video CNN]


Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button