Kilas Info Daerah

Swiss Ingin Membebaskan Tes Covid untuk Semua Warganya

Ini untuk memudahkan negara mencabut batasan sosial.

RADARCIANGSANA.COM, BERN – Swiss telah meluncurkan rencana pengujian Covid-19 gratis untuk semua warganya. Ini untuk memudahkan negara mencabut batasan sosial.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Pemerintah Swiss telah menyiapkan dana sebesar 1,08 miliar dollar AS. “Untuk memutus mata rantai penularan secara spesifik harus dapat mengidentifikasi dengan cepat siapa yang membawa virus tersebut. Oleh karena itu, pengujian merupakan komponen utama pengendalian pandemi,” kata Pemerintah Swiss, Jumat (5/3).

Jika kebijakan itu dijalankan, setiap orang di negara itu akan diberikan lima alat uji Covid-19 independen per bulan. Sedangkan pengujian di apotek atau fasilitas terkait lainnya tidak dipungut biaya.

Perusahaan dan sekolah harus melakukan tes berulang menggunakan sampel air liur yang dikumpulkan untuk meningkatkan pencegahan dan mendeteksi wabah lebih dini. Pekerja di perusahaan yang sering melakukan pengujian dapat dibebaskan dari persyaratan karantina.

Keputusan akhir mengenai implementasi rencana tersebut akan diambil pada 12 Maret. Swiss mulai melonggarkan batasan sosial terbarunya. Toko, museum, dan perpustakaan diizinkan untuk melanjutkan operasi minggu ini. Warga sudah mulai diperbolehkan mengikuti kegiatan olah raga dan budaya.

Pelonggaran pembatasan sosial tahap kedua direncanakan pada 22 Maret. Sejauh ini Swiss telah mencatat lebih dari 562 ribu kasus Covid-19 dengan jumlah kematian mencapai 9.331 orang.

sumber: Reuters

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button