Taliban Membuka Kembali Sekolah Coding untuk Anak Perempuan Afghanistan


Pihak berwenang Taliban telah mengizinkan sekolah non-pemerintah untuk dibuka kembali di provinsi Herat, di mana anak perempuan dapat belajar sistem pengkodean komputer atau pengkodean. Sekolah itu ditutup sebentar setelah Taliban mengambil alih Afghanistan pada Agustus tahun lalu.

Menurut pendiri dan CEO Code to Inspir, Fereshteh Forough, lebih dari 350 siswa telah mendaftar di sekolah tersebut, tetapi hanya 200 yang akan diterima dalam program desain grafis selama setahun yang dimulai pada akhir September. Code to Inspire adalah organisasi non-pemerintah yang mengelola sekolah pengkodean wanita pertama di Afganistan.

“Rata-rata siswa kami berusia 18-25 tahun,” kata Forough kepada VOA, seraya menambahkan bahwa biaya bulanan hingga $60 per siswa akan dibayar oleh Code to Inspire.

Meski telah aktif di Afghanistan sejak 2015, badan tersebut harus memperbarui pendaftaran LSM tersebut dengan rezim baru Taliban agar dapat terus beroperasi.

Dalam proses perpanjangan izin tersebut, Forough mengatakan pihaknya menemui banyak kendala birokrasi, namun akhirnya berhasil mendapatkan izin kerja dan izin untuk membuka kembali fasilitas tersebut.

Pembukaan kembali sekolah merupakan perkembangan yang signifikan di negara di mana akses pendidikan di kalangan anak perempuan mengalami kemunduran besar pada tahun lalu. Namun, pembukaan sekolah pengkodean itu tidak menunjukkan perubahan dalam kebijakan Taliban terhadap pendidikan bagi perempuan dan anak perempuan. [em/jm]

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button