Info Aktual

Tenaga Kesehatan di Jakarta Dikontrak oleh Indian Mutation Covid | Radar Ciangsana

Karena ada begitu banyak pasien Covid-19 di India, satu tempat tidur di rumah sakit terisi dua pasien (Reuters)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Mutasi ganda Covid-19 dari India telah masuk ke Indonesia. Di Jakarta, seorang petugas kesehatan terjangkit mutasi ini bersama keluarga, anak, dan suaminya. Meski begitu, kondisinya tanpa gejala karena petugas kesehatan sudah divaksinasi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan kronologi ini berawal dari dua kasus mutasi ganda B1617 dari India yang masuk ke Indonesia. Mereka adalah Warga Negara Asing (WNA) India. Menurut Prof. Wiku, kondisi mereka masih terisolir dan cukup stabil.

“Ada keluhan tapi sangat ringan, saya di isolasi di rumah sakit. Sedangkan untuk WNA diperoleh dari pemeriksaan sekuensing pada bulan April untuk mengetahui apakah kejadian yang terjadi di RS ini ada mutasi atau varian baru, ini diambil. dari beberapa rumah sakit, “kata Wiku.

ibn khaldun university bogor uika

Kemudian terdeteksi kasus mutasi ganda B1617 dari India pada Warga Negara Indonesia (WNI). Dan ternyata menjadi petugas kesehatan. Tidak ada gejala yang serius, hanya isolasi, sudah sehat dan negatif.

“Mungkin ini cluster keluarga yang kita tahu kalau suami dan anaknya positif, tapi sekarang sudah bagus, pelacakan kasus sedang dilakukan. Ada sekitar 20-25 kontak yang terkait dengan B1617 ini. Namun, kami tidak tahu apakah itu impor atau lokal. Kami sedang meneliti kasus kontak dekat. Kasus kontak yang kami sampaikan cukup banyak, beberapa diantaranya adalah WNA. Tentu kita tunggu pemeriksaan lebih lanjut, ”jelas Wiku.

Menurut Wiku, kasus positif bagi WNI adalah gugus keluarga. Pada saat yang sama, suami dan anak bersikap positif. Dan Prof Wiku membenarkan bahwa kasus WNI menimpa petugas kesehatan. “Dan, dia memang tenaga kesehatan yang banyak kontak dan kontak dengan pasien yang berasal dari luar negeri. Nanti kita periksa lagi apakah benar-benar murni penularan lokal atau kasus impor,” jelasnya.

“Petugas kesehatan ini sudah melakukan vaksinasi, meski tertular B1617 hampir tidak ada gejala yang dirasakan. Gejalanya sangat ringan, dia diisolasi sendiri, begitu juga dengan suami dan anak,” imbuhnya.

Sumber: JawaPos.Com

Editor: Alpin

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button