Kilas Info Nasional

Tingkatkan Pelayanan, Satlantas Polres Semarang Buat Aplikasi…

loading…

SEMARANG – Satlantas Polres Semarang membuat aplikasi Aduan Siaga Polantas (Asiap). Aplikasi ini untuk mempermudah layanan pengaduan kepada masyarakat terutama terkait masalah lalulintas seperti kemacetan atau adanya kecelakaan maupun gangguan jalan lainnya.

Kasat Lantas Polres Semarang AKP Adiel Aristo mengatakan, selain untuk mempermudah masyarakat masyarakat dalam proses pengaduan gangguan lalulintas secara umum, aplikasi ini dibuat guna membiasakan masyarakat pengguna jalan terlibat dan aktif memberikan informasi kepada petugas.

“Kami melihat sejauh ini tingkat kesadaran warga untuk menyebar atau membagikan informasi sangat tinggi. Nah, kami Satlantas Polres Semarang bermaksud menampung itu dalam bentuk sistem teknologi yang mudah diakses berupa aplikasi,” katanya, Jumat (22/1/2021). Baca juga: Ada Pekerjaan Terowongan di Depan Masjid Istiqlal, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Menurutnya, saat ini aplikasi tersebut masih dalam proses sosialisasi internal kepada seluruh anggota Polres Semarang terlebih dari Satlantas. Meskipun demikian, aplikasi Asiap secara teknis telah sangat siap dipakai atau diakses oleh masyarakat.

“Warga dapat mengunduhnya melalui Appstore pada hanphone atau android masing-masing. Disana warga wajib mengisi sejumlah identitas sebelum diijinkan mengakses seluruh layanan secara keseluruhan. Tujuannya apa? Agar admin bisa memastikan pelapor adalah asli orang bukan mesin,” ujarnya.

Aristo menyatakan, tidak jarang masyarakat lebih cepat mengetahui adanya kejadian baik itu kemacetan lalulintas atau peristiwa kecelakaan karena petugas kepolisian tidak selalu berada pada titik lokasi yang sama. Sehingga, diperlukan suatu sistem aduan terhubung langsung dengan pihak berwenang.

Melalui aplikasi tersebut pengguna juga dapat mengetahui informasi terbaru seputar wilayah Kabupaten Semarang. Apabila dalam situasi gangguan dan membutuhkan bantuan dari pihak berwajib tersedia pula layanan lokasi kantor polisi terdekat, SPBU jika bahan bakar menipis dan sebagainya. Baca juga: Jembatan Runtuh Akibat Diterjang Banjir, Lalin Lumpuh

Aristo berharap masyarakat Kabupaten Semarang dapat turut serta berpartisipasi menggunakan aplikasi yang ada karena dinilai memiliki banyak manfaat ketika dalam perjalanan atau membutuhkan bantuan aparat kepolisian secara cepat saat melakukan perjalanan di wilayah Kabupaten Semarang.

“Nah, disamping dapat mengakses lokasi layanan publik terdekat seperti kantor Polisi, SPBU dan lainnya, aplikasi itu juga ada fitur untuk menghubungi Unit Keselamatan Terpadu. Kemudian pelapor juga dapat mengetahui sejauh mana pengaduan yang dikirim sampai selesai ditangani,” tandasnya.

(don)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button