Berita

Usai ketemu Anies, pemain skateboard tidak dilarang bermain di trotoar

Jakarta, Radar Ciangsana –

Pemain skateboard Satria Vijie mengatakan tidak ada batasan dalam bermain skateboard di trotoar Jakarta. Hal itu disampaikannya usai bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (4/3).

Pertemuan itu sendiri dilakukan menyusul beredarnya video di media sosial yang merekam anggota Satpol PP mengendalikan beberapa pemuda yang membawa papan skateboard di trotoar kawasan Thamrin.

“Jadi ini hasil diskusi saya dengan Gubernur Jakarta. Satu, tidak ada larangan bermain skateboard di trotoar Jakarta. Mohon gunakan fasilitas yang ada dengan bijak,” kata Satria dalam akun Instagram-nya. CNNIndonesia.com telah diizinkan mengutip postingan.

Ia juga mengatakan dari pertemuan tersebut, ditemukan tidak ada peraturan yang memperbolehkan petugas untuk mengambil slide pemain skateboard, kecuali jika skateboard tersebut digunakan untuk melakukan tindak pidana.

Satria melanjutkan, dari pertemuan tersebut, diperoleh hasil bahwa Pemprov DKI Jakarta berjanji akan melakukan revitalisasi di beberapa daerah Taman skate di Jakarta.

Selain itu, Satria menuturkan, pemain skateboard tetap diwajibkan untuk mengutamakan pejalan kaki saat bermain di trotoar dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Terlarang panggilan kucing Baik itu menggoda, bersiul, berkomentar, dll kepada seluruh pejalan kaki di trotoar serta membantu menjaga dan menjadikan kota Jakarta lebih maju dan lebih baik, ”ujarnya.

Dalam unggahan tersebut, ia juga menyampaikan bahwa permasalahan yang terjadi antara pemain skateboard dan Satpol PP DKI Jakarta telah terselesaikan.

“Ini akan menjadi pelajaran bersama dan semoga tidak terulang lagi,” ujarnya.

[Gambas:Instagram]

Anies pun mengingatkan siapapun yang ingin bermain skateboard untuk memanfaatkan skate park tersebut. Menurutnya, ada banyak taman yang khusus menampung kegiatan skateboard.

“Di Jakarta sekarang Alhamdulillah sudah banyak Skate Park, kita pengen temen-temen pakai Skate Park. Disitulah teman-teman berkesempatan berinteraksi untuk melakukan kegiatan positif, ketemu temen dari banyak tempat,” ucap Anies dihadapan Satria Vijie di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (4/3).

Di DKI Jakarta ada beberapa Taman skate Pemkot menyediakan antara lain Kalijodo, Dukuh Atas, di bawah flyover Slipi, dan di bawah flyover Pasar Rebo.

Di kesempatan berbeda, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Satria mengingatkan, aktivitas skateboard sebetulnya tidak boleh dilakukan di trotoar.

“Skateboarding tidak boleh di trotoar, ada tempat yang sudah disiapkan. Pemprov sudah siap, Pemerintah Pusat di Senayan juga siap. Jadi kalau ada banyak warga yang keberatan, protes,” kata Riza di Kota. Aula DKI Jakarta, Kamis (4/4 / 3).

Sebelumnya dalam video yang beredar, terlihat salah seorang pemuda mengaku baru saja tiba di lokasi. Namun, petugas Satpol PP meminta pemuda itu ikut dan menyatakan akan menyita skateboard tersebut.

(yoa / pmg)

[Gambas:Video CNN]


Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button