Kilas Info Daerah

Viral Beredar Rekaman Video WhatsApp Kelompok Warga Memprotes Pembangunan Jalan di Desa Sukalilah, Cibatu Garut

GARUT | Radarciangsana.com – Protes keras warga atas pembangunan jalan Desa Sukalilah, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, melalui rekaman video yang beredar di WhatsApp Group (WAG) warga. Pasalnya, diketahui anggaran pembangunan jalan Desa merupakan APBD 2020. Dan, penggunaannya akan terealisasi pada 2021.

Menanggapi protes warga, Ketua DPD Laskar Indonesia Kabupaten Garut Dudi Supriadi angkat bicara. Menurutnya, dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan Desa sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban. Dan, untuk tiap tahunnya jelas anggarannya direncanakan, ”kata Dudi, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: PATWABUMI Gandeng Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Gelar Seminar Pendidikan Nasional

“Dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan dalam APBDes per tahun anggaran, jika ada program dalam APBdes 2020 harus dilaksanakan pada tahun 2020. Dan, jika dilaksanakan pada tahun 2021, ini yang menjadi pertanyaan masyarakat,” kata Dudi.

Menurut Dudi, terkait masalah tersebut, mungkin realisasi anggaran APBDes 2020 tidak akan tercapai. Dan BPD harus mengetahui pelaksanaan APBDes dan meminta Kepala Desa (Kades) setempat untuk mempertanggungjawabkan LKPJ, terangnya.

Dia mengatakan, Inspektorat juga harus melakukan audit terkait hal tersebut. “Kalau ada temuan kerugian keuangan daerah / negara, serta tindak pidana. Artinya Inspektorat bisa menindaklanjuti ke Aparat Penegak Hukum (APH),” kata Dudi.

Reporter: Atu Restu F

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button