Berita

Virus Corona B117 sudah masuk Brebes, dibawa oleh TKI: Okezone News

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan para pekerja migran yang membawa varian baru virus korona Inggris atau yang dikenal dengan B.1.1.7 di Brebes saat ini menjalani isolasi mandiri.

Sedikitnya 8 orang yang memiliki kontak dekat dengannya, juga telah diisolasi di rumah mereka di bawah pengawasan ketat. Mereka juga sudah mengambil sampel darah dan dilakukan pengujian di Jakarta.

“Saya cek tadi, ada kurang lebih 8 orang yang terkait erat dan dites semuanya tadi pagi dan hasilnya langsung dikirim ke Jakarta sehingga nanti kita tunggu hasilnya beberapa hari lagi,” ujar Ganjar di kediaman resminya. , Kamis (4/4). 3/2021).

Sambil menunggu hasil tes, Ganjar mengatakan saat ini mereka menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Isolasi juga dijaga ketat. Namun dia berharap mereka bisa dipindahkan ke area isolasi terpusat.

“Mudah-mudahan kalau mau dipindahkan ke daerah isolasi terpusat. Tadi saya juga sudah kontak dengan Sekda Brebes dan semua laporan sudah diberikan,” kata Ganjar.

Baca juga: Ganjar kepada Prajurit TNI: Ojo Tegang, Pilih Suntikan Vaksin yang Dikirim ke Perang?

Ganjar mengatakan, pihaknya langsung berkomunikasi dengan Sekda Brebes saat kabar ini muncul. Ganjar menegaskan, Satgas COVID-19 di Brebes mempercepat proses penelusuran dan memastikan mereka yang bersentuhan dekat langsung diisolasi.

“Untuk saat ini akan kita karantina yang memang benar-benar mereka tidak bersentuhan dengan orang lain saat diawasi. Tapi tidak perlu takut, yang penting memantau semuanya agar nyaman,” ucapnya.

Selain itu, Ganjar mengimbau masyarakat tidak hanya di Brebes untuk tetap disiplin dalam tata tertib kesehatan. Dengan demikian, penularan dapat dicegah sekaligus mempercepat proses vaksinasi pada lansia yang berisiko tinggi terpapar.

“Masyarakat masih menjaga protokol kesehatan, dan mereka yang sudah lanjut usia sekarang punya kesempatan untuk segera mendaftar agar bisa divaksinasi lebih cepat sehingga setidaknya bisa memperkuat daya tahan tubuh. Tapi apapun yang terjadi harus terus dipantau,” kata Ganjar.

Dua warga Karawang yang menjadi TKI asal Arab Saudi dipulangkan ke Indonesia dengan varian baru virus korona Inggris atau yang dikenal dengan B.1.1.7.

Inisial mereka adalah M dan A, dan berjenis kelamin perempuan. M adalah warga Kecamatan Lemah Abang dan A dari Kecamatan Pedes. Plt. Kepala Dinas Kesehatan Karawang, dr. Nanik Djojana mengatakan, dari dua orang itu, hanya satu yang masih di Karawang.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button