Kilas Info Global

WHO untuk semua negara: Jangan kendur terhadap COVID

Jenewa (RADAR CIANGSANA) – Kehadiran vaksin COVID-19 seharusnya tidak menggoda negara untuk mengendurkan upaya memerangi pandemi virus corona, kata pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jumat (5/3).

Peringatan tersebut disampaikannya sembari menyampaikan keprihatinan bahwa wabah di Brasil bisa menyebar ke negara lain.

“Kami pikir kami telah melewati ini. Tidak juga,” kata Mike Ryan, pakar keadaan darurat WHO, dalam konferensi online. “Negara-negara bisa menghadapi gelombang ketiga dan keempat lagi jika kita tidak berhati-hati.”

Rekor kematian COVID-19 Brasil dilaporkan minggu ini dan sistem rumah sakit mereka di ambang kehancuran, sebagian karena varian COVID-19 yang sangat menular yang pertama kali muncul di negara itu.

Di tingkat global, jumlah kasus COVID-19 minggu lalu membalikkan tren penurunan enam minggu meskipun jutaan dosis vaksin telah tiba dalam beberapa minggu terakhir, menurut data WHO.

“Sekarang bukan waktunya bagi Brasil atau negara lain untuk bersantai,” lanjut Ryan. “Kedatangan vaksin adalah momen harapan besar, tapi bisa juga menjadi momen di mana kami kehilangan konsentrasi.”

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menggambarkan epidemi di Brasil sebagai “sangat, sangat memprihatinkan” dan memperingatkan tentang kemungkinan meluas di wilayah tersebut.

“Jika Brasil tidak serius, epidemi akan terus berdampak pada semua lingkungan di sana dan sekitarnya,” katanya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Inggris menemukan kasus varian Brasil yang sebelumnya tidak dikenal

Baca juga: Peneliti: Varian COVID Brasil dapat menginfeksi kembali pasien yang sembuh

Baca juga: Sudah dua hari sejak Brasil mencatat rekor tertinggi kematian akibat COVID-19

Layanan darurat, tentara Brasil mengirimkan oksigen ke Amazonas

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
REPOST BY RADAR CIANGSANA 2021

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button